Badan PPSDM Kesehatan Gelar Rapat Koordinasi dengan Poltekkes Kemenkes

Badan PPSDM Kesehatan Gelar Rapat Koordinasi dengan Poltekkes Kemenkes

JAKARTA (19/1) - Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan dr. Kirana Pritasari, MQIH memimpin rapat koordinasi dengan para Direktur, Pudir I, dan Pudir III Poltekkes Kemenkes seluruh Indonesia. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Badan PPSDM Kesehatan ini dihadiri pula oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan serta pejabat esselon III dan IV. Dalam rapat ini dibahas tentang pengembangan penyelenggaraan pendidikan, rencana strategis, dan peningkatan koordinasi antara Badan PPSDM Kesehatan dan Poltekkes Kemenkes.

Poltekkes Kemenkes sebagai penyelenggara pendidikan vokasi mencakup program Diploma III dan Diploma IV diminta untuk terus meningkatkan kualitas tenaga kesehatan. Untuk Diploma IV yang saat ini ada sebanyak 13 prodi tengah dipertimbangkan apakah akan menjadi institusi pendidikan yang bersifat terminal ataukah perlu berlanjut ke pendidikan profesi. Opsi tini merupakan bagian dari kebijakan untuk memaksimalkan kualitas lulusan Poltekkes. Hal lain yang tak kalah penting adalah mempersiapkan pedoman pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) untuk tahun akademik 2015 ini.  

Pada pertemuan yang diselengarakan antara 19-20 Januari ini juga membahas persoalan tentang akreditasi institusi oleh BAN PT dan LAM PT KES, pembenahan prosedur dan tata cara prosesi wisuda, perbaikan ijazah dan SKPI (Surat Keterangan Pengganti Ijazah), dan juga rencana program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Perencanaan program RPL ini merupakan konsekuensi diterbitkannya UU No 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. Di dalam satu pasal menyebutkan bahwa baik tenaga kesehatan maupun asisten tenaga kesehatan harus memiliki pendidikan minimal Diploma III.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

 

        

Bagikan