JOINT COORDINATING COMMITTEE (JCC) KE 4 PROJECT ENHANCEMENT OF NURSING COMPETENCIES THROUGH IN SERVICE TRAINING

JOINT COORDINATING COMMITTEE (JCC) KE 4 PROJECT ENHANCEMENT OF NURSING COMPETENCIES THROUGH IN SERVICE TRAINING

Jakarta (5/10) – Kerjasama ini merupakan kerjasama teknis antara Kementerian Kesehatan RI dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah berlangsung sejak bulan Oktober 2012. Tujuan proyek ini untuk memperkuat mutu pelayanan keperawatan dan kompetensi perawat melalui pelatihan (In-service Training) fokus di bidang Ladder System, Emenrgency Nursing / Critical Care/ Disaster Nursing, Geriatic Nursing dan bidang bidang lain yang dianggap perlu untuk dilatih. Pertemuan ini belangsung di Auditorium dr. Herman Susilo, MPH Lt 4 Badan PPSDM Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan, Suhartati, S.Kp, M.Kes.

Saat ini Pemerintah Indonesia masih menghadapi beberapa masalah pokok terkait SDM Kesehatan antara lain belum terpenuhinya kebutuhan SDM untuk pembangunan kesehatan yang memadai baik dari segi jumlah, kualitas maupun penyebarannya.

“Dengan adanya kerjasama bilateral antara Republik Indonesia dan Jepang melalui Project Enhancement of Nursing Competencies through in Service Training merupakan peluang yang baik bagi Rumah Sakit maupun Universitas untuk mengembangkan keilmuan dan keterampilan perawat terutama di bidang emergency, disaster, critical care dan Geriatric Nursing yang didapat melalui pelatihan di Jepang” ungkap Suhartati, S.Kp, M.Kes dalam sambutannya.

Setelah dilakukan pelatihan – pelatihan tersebut diharapkan kualitas pendidikan di bidang keperawatan dapat meningkat sehingga dihasilkan lulusan keperawatan yang mampu bersaing dalam dunia global. Selain itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan mutu pelayanan dan asuhan keperawatan di rumah sakit, sehingga terwujud pelayanan prima yang mengarah pada peningkatan kepuasan pasien. Pengembangan pendidikan dan pelayanan serta asuhan keperawatan tersebut, dilakukan melalui penyusunan dan standarisasi kurikulum dan modul serta pelaksanaan pelatihan bagi perawat.

Dalam project ini dipilih 5 Fakultas Keperawatan dari universitas di Indonesia sebagai pilot project yaitu Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga dan Universitas Hasanudin. Sebagai implementasi project, 5 universitas tersebut bekerjasama dengan 9 rumah sakit, yaitu RSUP Fatmawati Jakarta, RSUP Persahabatan Jakarta, RSUP Hasan Sadikin Bandung, RSUP Adam Malik Medan, RS Pendidikan USU, RSUD dr. Soetomo Surabaya, RS Petrokomia Gresik, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo dan RS Pendidikan UNHAS.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan