KEMENTERIAN KESEHATAN GELAR RAPAT KERJA NASIONAL DI TIGA REGIONAL DENPASAR, MANADO DAN JAKARTA

KEMENTERIAN KESEHATAN GELAR RAPAT KERJA NASIONAL DI TIGA REGIONAL DENPASAR, MANADO DAN JAKARTA

Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2014. Seperti tahun sebelumnya acara ini juga digelar di tiga wilayah regional yang berbeda. Bali sendiri menjadi pilihan untuk pelaksanaan Rakerkesnas Wilayah Regional Tengah yang digelar pada 16-19 Maret 2014 di Bali Nusa Dua Convention Centre.

Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan turut ambil bagian pada Rakerkesnas melalui keikutsertaan dalam Pameran Pembangunan Kesehatan dengan menampilkan informasi tentang berbagai hal yang terkait dengan bidang pengembangan dan pemberdyaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Pameran Pembangunan Kesehatan 2014 menjadi program kegiatan Badan PPSDM Kesehatan untuk membagikan informasi yang berkaitan dengan pembangunan kesehatan nasional dengan cara yang lebih interaktif melalui tatap muka langsung ataupun diskusi, sekaligus memperkenalkan program inovatif yang dapat menjadi contoh bagi daerah yang lain. Selain itu acara ini juga menjadi ajang untuk bersilaturahmi antar pemangku kebijakan kesehatan di Indonesia.

Acara pameran dalam rangka Rakerkesnas 2014 Wilayah Regional Tengah dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan dari 11 provinsi yaitu Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTT, NTB, Kalsel, Kaltim, Kalteng, Kalbar, dan Kaltara. Selain Bali acara ini juga digelar pada acara Rakerkesnas Wialayah Timur di Manado pada 23-26 Maret 2014 dan Rakerkesnas Regional Barat yang diadakan di Jakarta pada 31 Maret – 2April 2014. Untuk Wilayah Regional Timur diikuti oleh Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Sementara untuk wilayah Regional Barat diikuti oleh Provinsi seluruh pulau Sumatera, Banten, DKI dan Jawa Barat.

Di sela-sela Rakerkesnas, Kepala Badan PPSDM Kesehatan dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes. didampingi Sekretaris Badan beserta para Kepala Pusat di lingkungan Badan PPSDM Kesehatan menyempatkan diri berkunjung ke Poltekkes Kemenkes Denpasar. untuk memberikan kuliah umum dengan tema “Peran Serta Tenaga Kesehatan Dalam Mencapai Millenium Development Goals” (MDGs 2015), yang diikuti  Direktur, Pembantu Direktur I, II, dan III, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Para Dosen, staf dan para mahasiswa/i di lingkungan Poltekkes yang diikuti sekitar 600 audiens.

Dalam acara tersebut Kabadan PPSDM Kesehatan juga memberikan arahan pada pertemuan rapat dilingkungan  Direktorat Poltekkes Kemenkes Denpasar. Pertemuan Pembinaan Perencanaan   Poltekkes Kementerian  Kesehatan teknokratik RPJMN 2015-2019. dimaksudkan untuk menyelaraskan pembangunan kesehatan nasional dan strategi pembangunan kesehatan daerah dalam rangka Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat serta Pemenuhan sumberdaya manusia  Kesehatan.

Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A. MPH, melakukan kunjungan kerja ke Poltekkes Kemenkes Manado  di sela-sela rangkaian kegiatan Rakerkesnas Regional Timur. Pada kunjungannya tersebut Menkes disambut oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes. yang didampingi oleh Para Kepala Pusat di Lingkungan Badan PPSDM Kesehatan, dan Direktur Poltekkes Manado Semuel Layuk, SKM, M.Kes. beserta jajarannya.

Usai memberikan pengarahan kepada seluruh perserta pertemuan, pada kesempatan tersebut Menkes menandatangani beberapa prasasti sebagai berikut : (1) Gedung baru Jurusan Kebidanan; (2) Gedung Analis Kesehatan dan Laboratorium Gizi Poltekkes Kemenkes Manado;  (3) Gedung Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Manado; (4) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Manado, dilanjutkan dengan peninjauan ke Gedung baru Jurusan kebidan dan Laboratorium Gizi.

Dalam pidatonya Menkes mengharapkan Poltekkes menjadi institusi pendidikan vokasi dan berperan dalam produksi tenaga kesehatan yang mempunyai kompetensi terbaik. Selain itu Menkes juga meminta agar Kantor Kesehatan Pelabuhan serta Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Manado dapat memberikan pelayanan yang lebih baik serta pegawai dapat bekerja lebih nyaman dan lebih sehat.

Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH membuka kegiatan Rakerkesnas Regional Barat pada 31 Maret 2004 di Hotel Bidakara, Jakarta. Dalam sambutannya Menkes mengajak peserta rapat untuk melihat kembali apa saja yang sudah disepakati pada Rakerkesnas sebelumnya. Perlu diketahui bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rakerkesnas 2014. Sebelumnya acara Rakerkesnas ini telah diadakan di Bali pada 16-19 Maret 2014 dan Manado pada 23-26 Maret 2014.

Menkes menegaskan perlunya koordinasi yang baik antar setiap unit kerja di Kementerian Kesehatan dalam rangka mempersiapkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019.  Tujuan utamanya adalah mengupayakan derajat kesehatan rakyat Indonesia yang setinggi-tingginya. Menkes juga mengharapkan adanya peran aktif dari Dinas Kesehatan di daerah untuk mensukseskan pembangunan kesehatan masyarakat di daerah.

Dalam pembukaan Rakerkesnas Regional  Barat di Hotel Bidakara Jakarta, Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi, Sp.A. MPH, melepas secara simbolis dokter Internsip batch I tahun 2014 atas nama (1). dr. Dito Desdwianto (Fakultas Kedokeran Trisakti)  Intersip Propinsi Lampung; (2) dr. Septi Armanita ( Fakultas Kedokteran UI) Intersip Propinsi Jambi.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

 

Bagikan