Kepala Badan membuka TOT Manajemen Puskesmas

Kepala Badan membuka TOT Manajemen Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)m empunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya. Untuk mendukung kerja puskesmas diperlukan peningkatan kompetensi SDM melalui Pelatihan Manajemen Puskesmas yang didukung dengan pelatihan TOT Manajemen Puskesmas.

Penyelenggaraan TOT Manajemen Puskesmas baru pertama kali dilakanakan yang dibuka pada hari Senin tanggal 10 Juli 2017 dan akan berakhir pada 22 Juli 2017 di BBPK Jakarta, Kampus Hang Jebat. Acara di awali dengan laporan ketua panitia, Embry Netty selaku Kepala Pusat pelatihan SDM Kesehatan (Ka. Puslat SDMK). Beliau menyampaikan bahwa Manajemen Puskesmas merupakan rangkaian kegiatan berkesinambungan, dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan puskesmas yang berkualitas, selalu dipantau secara berkala, teratur dan dikendalikan sesuai dengan Permenkes Nomor 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manjemen Puskesmas.

“Sebelum dilakukan pelatihan Manajemen Puskesmas, perlu dilakukan TOT Manajemen Puskesmas untuk menyediakan para pelatih Manajemen Puskesmas yang profesional”, ungkap Ka. Puslat SDMK dalam laporannya.

Hadir dalam kesempatan yang berbahagia, Kepala Badan PPSDM Kesehatan, drg. Usman Sumantri, M.Sc yang sekaligus membuka secara resmi pertemuan ini. Dalam sambutannya, Keberhasilan pelaksanaan tugas puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan puskesmas. Oleh sebab itu, maka Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang mensyaratkan agar tenaga kesehatan yang akan menjabat sebagai Kepala puskesmas harus sudah mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas.Sebagai pelaksana kebijakan pembangunan kesehatan, Puskesmas harus dikelola dengan prinsip prinsip manajemen yang baik sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Pengelolaan puskesmas yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya” tandas Kepala Badan.

Target sasaran pelatihan Manajemen Puskesmas pada 34 Provinsi dengan lokus di 2926 puskesmas sesuai Permenkes nomor 85 tahun 2017, dimana agar puskesmas terlatih Keluarga Sehat maka kepala puskesmasnya beserta tata usaha dan pengelola program puskesmas, dengan tujuan dapat membangun tim keluarga Sehat di Puskesmas dalam hal ini ditunjuk untuk menjalankan Program Puskesmas dengan pendekatan keluarga yang berbasis data hasil survey Keluarga Sehat, serta dilengkapi dengan data profil puskesmas serta wilayah kerjanya.

Pelatihan ini merupakan Angkatan I dan II yang terdiri dari 65 orang peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan dan BBPK / Bapelkes. Dalam akhir sambutannya, Kepala Badan berharap setelah mengikuti TOT Manajemen Puskesmas ini, peserta pelatihan mampu menjalankan tugas sebagai pelatih pada Pelatihan manjemen Puskesmas di Provinsi / Kabupaten / Kota di wilayah kerjanya.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

Bagikan