Kuliah Umum Poltekkes Tanjung Karang “HAZARD DI FASILITAS KESEHATAN”

Kuliah Umum Poltekkes Tanjung Karang “HAZARD DI FASILITAS KESEHATAN”

Bandar Lampung 21 juni 2014. Kuliah Umum yang berlangsung di Poltekkes Tanjung Karang kali ini membahas tentang “Hazard di Fasilitas Kesehatan” oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes sebagai pembicara.

Kuliah umum dihadiri oleh Direktur Poltekkes Tanjung Karang beserta para staff pembantu dan perwakilan mahasiswa dari 15 program study, dr Untung Suseno Sutarjo, M. Kes menekankan pentingnya peningkatan pendidikan sumber daya manusia kesehatan dalam hal yang menyangkut bahaya serta cara penanganan harzard di lingkungan kesehatan.

SDM Kesehatan dituntut untuk lebih memahami tentang manajemen resiko yang intinya mengurangi resiko, meningkatkan efisiensi serta efektifitas pelayanan yang mengandung unsur SDM yang mengerti tentang bahaya dan cara penanggulangan Hazard, alat kesehatan maupun penunjang yang baik serta memenuhi standar bahaya potensial di rumah sakit, serta metode yang tepat dalam hal penanggulangan Hazard di lingkungan kesehatan. Beliau menjelaskan bahwa risk assessment dapat dilakukan dengan mengidentifikasi Hazard yaitu karakteristik hazard serta penilaian pajanan lalu didapatlah karakteristik sebuah resiko untuk dapat diatasi ataupun ditanggulangi dengan efisien dan efektif.

Kepala Badan PPSDM Kes menjelaskan bahwa dalam manajemen Hazard terdapat beberapa faktor / proses penting yang harus dilakukan oleh SDM kesehatan, yaitu Pemeriksaan Kesehatan (awal, berkala, khusus, dan akhir), Pelatihan Pra Kerja (pre-service training), Supervisi Hazard dan Resiko, Pengendalian Lingkungan, Pertemuan Rutin (monitoring), Organisasi yang dapat menjalankan, Peraturan (disusun dan dikaji), Review, Surveilans Kesehatan Kerja (needle stick injury, stress, infeksi, absenteeism dll, Penyediaan APD.

dr. Untung Sutarjo Suseno, M. Kes juga menambahkan perlunya perlindungan terhadap karyawan yang meliputi Health Plan (cara bekerja dengan aman/protap, informasi kesehatan kerja yang memadai), Tempat kerja yang aman dan suasana yang membangun, Alat yang aman dan pelindung yang aman, Perilaku sehat dan aman, Promosi dan pencegahan (immunisasi dll), serta Peningkatan kapasitas kerja.

Kuliah Umum yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit ini ditutup dan dilanjutkan dengan kunjungan serta supervisi kepada segenap staff poltekkes tanjung karang.

Bagikan