Launching Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan

Launching Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan

Humas BPPSDMK (29/9/2017)  Bertempat di ruang Auditorium Prof. G.A. Siwabessy Gd Kemenkes. Badan PPSDM Kesehatan malakukan Launching Program Percepatan pendidikan tenaga kesehatan dari jenjang Pendidikan Menengah ( JPM) dan Jenjang pendidikan tinggi diploma I (JPT-DI) ke jenjang  Diploma III. Dalam Launching Program tersebut dilakukan dialog interaktif melalui video conferency  dengan 4 Politeknik Kesehatan (Poltekkes). Ke-4 Poltekkes tersebut menyatakan siap melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kesehatan (Nakes).  Ke­­­­­­-4 Poltekkes itu adalah Poltekkes Kalimantan Timur (Kaltim), Poltekkes Kupang, Poltekkes Aceh, dan Poltekkes Jayapura. 

Dalam rangka pelaksanaan Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan merencanakan (Road Map) pelaksanaan Program Percepatan sampai dengan tahun 2020, dengan target pada tahun 2017 : 16.190; tahun 2018 : 30.620; tahun 2019 : 37.819 serta ditahun 2020 untuk menyelesaikan tenaga kesehatan yang mungkin masih belum terselesaikan.

Implementasi program, Sebanyak 255 Prodi dari PT Penyelenggara program telah melaksanaan proses penerimaan calon peserta program melalui asesmen RPL.  Saat ini yang sudah mengikuti proses asesmen RPL sebanyak 16.190 peserta sesuai dengan target peserta tahun 2017.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI mengatakan bila kuota peserta tahun ini tidak mencukupi akan dialokasikan untuk tahun depan. Selain itu, kewajiban pemerintah mengutamakan calon peserta dari daerah pinggiran. Tidak hanya mereka yang punya akses di kota. 

Hadir dalam kesempatan tersebut lembaga pemerintah dan instansi terkait dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Ristek Dikti, Sekretariat Negara, Kementerian PAN RB, Kementerian Dalam Negeri, Badan Kepegawaian Nasional, LAN, Kopertis Wilayah III, Perwakilan Organisasi Profesi, LAM-PT, BAN-PT, Dinas Kesehatan Provinsi, Perguruan Tinggi Kesehatan Penyelenggara dan Perwakilan Peserta Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

Bagikan