MASYARAKAT DHAMASRAYA SIAP SUKSESKAN GERMAS

MASYARAKAT DHAMASRAYA SIAP SUKSESKAN GERMAS

Sosialisasi program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia semakin gencar dilakukan ke daerah-daerah, termasuk diantaranya di Nagari Gunung Medan Kec Sitiung Kab Dharmasraya Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan di aula Gedung Pertemuan Hotel Umega.Jln.Lintas Sumatera Km 200, Jorong Palo Tabek Nagari Gunung Medan. 

Di buka oleh dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR dan  Dewi Nuraini, ST.MKM. Ka.Sub Bag TU Puskatmutu SDM Kesehatan

Turut hadir dalam Pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya yang dalam hal ini di wakili oleh Muhardison,MPH. Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.

Dalam kata sambutannya dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR. politikus dari Partai Gerindra.

menjelaskan, kegiatan Germas merupakan manifestasi dari amanat "Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat".

Indonesia sedang mengalami perubahan pola penyakit atau yang sering disebut transisi epidemiologi, ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan lain-lain.

Melihat hal tersebut, Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan berupaya mensosialisasikan GERMAS dalam meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat.

Sosialisas Germas di Kabupaten Dhamasraya ini adalah rangkaian terakhir ke empat kegiatan Puskatmutu setelah tiga kegiatan dilaksanakan antara lain Serang, Jambi, Medan. Dhamasraya adalah salah satu nagari yang elok pemandangan alamnya nan sejuk dihiasi lembah dan ngarai udara yang masih jauh dari polusi dan terletak di Sumatera Barat yang jaraknya ditempuh dengan roda empat memakan waktu 6 jam ini , akan lebih bagus dan sehat jika masyarakatnya disini peduli akan kesehatan. Ternyata memang mereka peduli terhadap program program yang dicanangkan oleh pemerintah terbukti ditengah guyuran hujan sebanyak 300 orang perwakilan dari penggerak PKK, Posyndu, Posbindu berduyun-duyun hadir di gedung pertemuan Hotel UMEGA untuk mengikuti sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Keingintahuan mereka sangat besar, dengan didatangkannya nara sumber dari pusat, informasi apa yg akan mereka dapatkan. Terutama tentang BPJS, masih banyak saudara kita yang di pelosok negeri ini mereka kurang paham dan sering menemui kendala terutama tentang pelayanan kesehatan dan ketersediaan obat-obatan yang ditanggung oleh BPJS. Maka disini perlu peran dinas kesehatan , BPJS dan Rumah Sakit yang melayani pasien BPJS dudk bareng untuk bersama-sama menjelaskan kepada masyarakat agar masyarakat paham dan tidak merasa di rugikan dalam mendaoatkan pelayanan kesehatan.

Acara dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2018, dimulai dari pukul 8.30 wib dan selesai pkl. 11.30 WIB ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama bahwa masyarakat Kabupaten Dhamasraya siap mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,  tanda tangan diawali oleh Anggota Dewan Suir Syam dilanjutkan dengan Badan PPSDM kesehatan Dewi Nur dan disambung dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan para penggerak kesehatan , penggerak PKK dari seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Dhamasraya. Acara berjalan dengan lancar, aman dan tertib sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Her-lus/red/2018

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan