Menkes Terima Kepulangan Tim NS Bacth I

Menkes Terima Kepulangan Tim NS Bacth I

Menkes RI, Prof Dr. dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp.M(K) menerima kembali Tim Nusantara Sehat (NS) Bacth I periode pertama tahun 2015 yang terdiri dari 142 tenaga kesehatan (Nakes) di Jakarta. Mereka telah menyelesaikan masa pengabdiannya selama dua tahun terhitung sejak tanggal 27 April 2015 hingga 30 Mei 2017.

Nakes yang terbagi dalam 20 Tim NS itu ditempatkan di Puskesmas terpencil dan sangat terpencil di daerah Tertinggal, perbatasan dan kepulauan  (DTPK).

Tim NS Bacth I bertemu kembali di Jakarta dalam rangka pertemuan Koordinasi Pasca Penugasan dan Pemulangan Tim Nusantara Sehat Periode I tahun 2015 serta Sosialisasi Penugasan khusus Tenaga Kesehatan Individual tahun 2017.

Acara diawali dengan laporan Kepala Badan, Usman Sumantri, beliau menyampaikan bahwa dari 20 Puskesmas penempatan tim NS batch I, 16 Puskesmas di antaranya akan dilanjutkan oleh Tim NS periode I Tahun 2017 (Batch 6). Sementara empat Puskesmas lainnya tidak dilanjutkan karena sudah tidak memenuhi kriteria untuk dilakukan penempatan kembali.

Tahun ini juga rencananya akan ditempatkan sebanyak 6 ribu orang penugasan khusus Nakes individual, minimal pada 1.500 Puskesmas, yang diutamakan pada Puskesmas terpencil dan sangat terpencil di DTPK. Dengan demikian diyakini keberadaan penugasan khusus Nakes berbasis tim dan individual memiliki daya ungkit yang signifikan terhadap peningkatan capaian indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pertemuan selama 3 hari ini diisi dengan materi pendayagunaan pasca penugasan Nusantara Sehat, di antaranya akan dibahas peluang untuk mengikuti penugasan khusus individu, tugas belajar, peluang kerja ke luar negeri dan pendayagunaan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menkes RI, Prof. Dr.dr. Nila Juwita Farid Moeloek, Sp.M(K) mewakili Kementerian Kesehatan, mengucapkan selamat kepada 142 Nakes yang telah menyelesaikan masa pengabdian selama dua tahun dan kembali dalam jumlah yang sama tanpa ada yang diberhentikan. Hal ini menunjukkan sistem rekrutmen yang cukup baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Di samping itu dengan rasa bangga Menkes Prof. Nila Moeloek menyampaikan apresiasi yang sebesarbesarnya atas pengabdian mereka, karena banyak sekali pujian dan penghargaan dari Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten maupun Dinas Kesehatan Provinsi atas pengabdian mereka selama dua tahun.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan