Menteri Kesehatan Melantik Sesjen Kementerian Kesehatan RI

Menteri Kesehatan Melantik Sesjen Kementerian Kesehatan RI

Jumat-(29/8/2014), Jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan berada pada posisi strategis, yaitu  dalam pelaksanaan tugas: 1) Koordinasi; 2) Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan, serta 3) Mendorong proses penyelenggaraan administrasi dan hubungan kerja dengan Kementerian atau Lembaga lain yang terkait.

Bertempat di Prof. Dr. Gerrit A. Siwabessy, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, melantik dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI menggantikan dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, yang telah purna tugas.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan pengalaman, prestasi, profesionalisme, kompetensi, dan kinerja Saudara mampu menghasilkan kinerja terbaik”, ujar Menkes.

Pengalaman dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, dinilai cukup banyak, mengingat beliau pernah bertugas di Daerah (Kalimantan Barat) dan Pusat. Beberapa pengalaman saat berkarir di Kementerian Kesehatan, adalah tercatat pernah mengemban beberapa jabatan eselon 2, diantaranya: Direktur Bina Pelayanan Medik Dasar Ditjen Bina Upaya Kesehatan; Direktur Bina Kesehatan Kerja, Ditjen GKIA Kemenkes; dan Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal; serta pernah pula mengemban jabatan eselon I, yaitu Staf Ahli Bidang Pembiayaan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes pada tahun 2011; dan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) tahun 2012.

Pada kesempatan tersebut, keharuan merebak saat Menkes menyampaikan pesan dan kesan, serta ucapan terimakasih sebagai apresiasi yang tinggi kepada dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS atas keputusan besar yang diambil empat tahun lalu, yaitu saat dr. Supriyantoro memutuskan untuk beralih status dari Anggota TNI Angkatan Darat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bergabung dalam Keluarga Besar Kementerian Kesehatan RI. Di Kementerian Kesehatan, dr. Supriyantoro pernah mengemban jabatan eselon 1, yaitu Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, kemudian menjabat sebagai Sekretaris Jenderal sejak tanggal 1 Februari 2013.

Di akhir sambutannya, Menkes mengaharapkan agar Sekretariat Jenderal Kemenkes RI dapat bergerak semakin dinamis, responsif, efisien dan efektif, serta semakin cepat tanggap dan tepat dalam menyikapi dinamika masyarakat, dinamika organisasi, dan kemajuan pembangunan kesehatan di Tanah air.

    

Bagikan