Partisipasi Publik Memberikan Masukan Rancangan Undang-Undang Kesehatan, 16 Maret 2023

Partisipasi Publik Memberikan Masukan Rancangan Undang-Undang Kesehatan, 16 Maret 2023

Halo #SobatNakes,



Rangkaian Public Hearing RUU Kesehatan Bab VII SDM Kesehatan telah memasuki hari ketiga. Kamis 16 Maret 2023, Anna Kurniati, SKM, MA, PhD selaku Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan dan Dra. Oos Fatimah Rosyati M.Kes selaku Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan memimpin forum konsultasi publik sesi pertama untuk topik pengadaan tenaga medis dan tenaga kesehatan. Kegiatan public hearing diselenggarakan secara luring di Merlynn Park Hotel Jakarta yang dihadiri oleh 45 orang peserta dan secara daring dihadiri oleh 702 orang peserta zoom serta disaksikan secara langsung melalui Youtube Kementerian Kesehatan oleh 224 orang.

Seluruh masukan dari publik ditampung guna mengumpulkan aspirasi masyaratakat dalam upaya Pemerintah menyusun Daftar Isian Masukan (DIM) RUU Kesehatan. Dari sesi pertama, topik yang paling sering dibahas adalah mengenai perencanaan (3), sistem pendidikan (1) , kurikulum (2) , ujian kompetensi nasional (5) dan beasiswa (1).

Sesi kedua tentang pelatihan tenaga medis dan nakes dalam penjagaan dan peningkatan mutu nakes dipandu oleh Sugianto, SKM, M.Sc. PH, Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan beserta Anna Kurniati, SKM, MA, PhD, selaku Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan. Sesi ini dihadiri 53 peserta luring, 327 melalui platform zoom dan 60 orang melalui siaran langsung youtube Kementerian Kesehatan. Pada sesi kedua terkumpul aspirasi dengan rincian isu yaitu akreditasi insitusi (25), penyelenggaraan fellowship (10), standar kompetensi & skp (6), kesempatan peningkatan mutu (6), uji kompetensi & sertifikat (5), pengelompompokan nakes (4), TKWNA (2) dan pemerataan nakes(1).

Forum dengar pendapat RUU Kesehatan diharapkan memberikan peluang yang seluas-luasnya untuk menampung aspirasi dari masyarakat dalam rangka penyempurnaan Undang Undang Kesehatan.

#KemenkesRI
#Ditjennakes
#RUUKemenkes
#Nakes

Bagikan