Pembekalan Tim Nusantara Sehat Angkatan I tahun 2016

Pembekalan Tim Nusantara Sehat Angkatan I tahun 2016

 

Jakarta, Pembukaan Pembekalan Tim Nusantara Sehat tahun 2016 angkatan pertama berlangsung di Pusdikkes Kodiklat TNI AD (18/4), Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K), menjadi Inspektur Upacara. Sebanyak 225 tenaga kesehatan muda mulai menjalani program pembekalan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD).

Menteri Kesehatan ,mengatakan pembekalan yang dilakukan terutama untuk menyiapkan mental para peserta Nusantara Sehat. Mengabdi dua tahun di daerah terpencil tentunya membutuhkan kematangan tak hanya dari sisi ilmu kesehatan saja tetapi juga ketangguhan dan disiplin. Program Nusantara Sehat pada intinya dijalankan untuk mengatasi masalah ketimpangan tenaga kesehatan yang terjadi di Indonesia di mana tenaga kesehatan terlalu menumpuk di kota tapi minim di daerah pinggiran.

Rencananya tahun 2016 akan ditempatkan 130 Tim yang dibagi dalam beberapa tahap. Pada tahap I berjumlah 225 orang (45 Tim) dan akan bertugas di 45 Puskesmas yang berlokasi di 29 Kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) pada 15 Provinsi.

Nusantara Sehat sendiri adalah program yang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memperkuat layanan fasilitas kesehatan di daerah terpencil. Satu tim terdiri dari berbagai profesi kesehatan seperti dokter, dokter gigi, perawat, bidan, ahli gizi, tenaga kefarmasian, tenaga Kesling, tenaga Kesmas dan ahli laboratorium medik yang dikirim untuk mengabdi langsung ke masyarakat selama dua tahun.

Pada kesempatan ini Menteri Kesehatan berharap agar angkatan pertama Nusantara Sehat dapat memanfaatkan waktu pembekalan dengan baik sehingga memahami berbagai program pemerintah yang akan dilaksanakan, membina hubungan baik dengan sesama peserta dan pelatih / narasumber sehingga tujuan pembakalan dapat tercapai secara optimal.

  

Bagikan