PEMBUKAAN DISEMINASI NSPK AKREDITASI INSTITUSI MANDIRI

PEMBUKAAN DISEMINASI NSPK AKREDITASI INSTITUSI MANDIRI

Batam, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya  Manusia Kesehatan(BPPSDMK) Kementerian Kesehatan memberikan Sertifikasi Akreditasi Institusi tahun 2016 dan 2017 kepada 9 (Sembilan) institusi  yaitu (1). UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati; (2). Bapelkes Provinsi Kalimantan Tengah; (3) Bapelkes Provinsi DI Yogyakarta; (4) UPT Pelatihan Tenaga Kesehatan Kupang (5), Bapelkes Provinsi Jambi; (6) Bapelkes Provinsi Bengkulu; (7) Bapelkes Provinsi Sulawesi Tenggara; (8) UPTD Bapelkes Aceh; (9) UPTD BKOM dan Pelkes Provinsi Sumetera Barat; Tahun 2017 terakreditasi 2 Institusi yaitu (10). Bapelkes Dinkes Provinsi Jawa Barat; (11) UPT Pelatihan Kesehatan Medan. Diseminasi NSPK Akreditasi Institusi Mandiri diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 22-24 Mei 2017 bertempat di Hotel Pacific Palace di Batam dengan peserta yang hadir sebanyak 130 orang.

Drg. Usman Sumantri,  MSc, Kepala Badan PPSDMK mengatakan proses akreditasi institusi tidaklah semata memenuhi standard yang telah ditetapkan tetapi juga menjadi ajang bagi institusi untuk evaluasi diri sehingga dapat mengetahui kekurangan dan secara bersama-sama dapat diperbaiki dan ditingkatkan secara berkesinambungan.

Beliau berharap setelah menerima sertifikat ini  Bapelkes dan UPTD dapat meningkatkan mutu dalam menyelenggarakan pelatihan, kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Unit Pelaksana Teknis,  LAN, terus menjaga kualitasnya, sehingga tidak hanya hasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, tapi juga berkompeten.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan dr. Embry Netty, M.Kes.  menyampaikan dalam bulan Maret 2016, kami melakukan revisi terhadap 3 NSPK akreditasi institusi yaitu (1) Standar Sumber Daya Pelatihan Bidang Kesehatan, (2) Pedoman Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan, (3) Instrumen Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan. Kegiatan yang kami lakukan dalam rangka revisi adalah melaksanakan kegiatan dengan mengundang BBPK Jakarta, BBPK Ciloto, BBPK Makassar, Bapelkes Cikarang, Bapelkes Semarang dan Bapelkes Batam.(red Sigit/yusup).

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan