Pembukaan Pelatihan Keluarga Sehat Provinsi Lampung Angkatan  III Dan IV Tahun 2016

Pembukaan Pelatihan Keluarga Sehat Provinsi Lampung Angkatan III Dan IV Tahun 2016

TANJUNG KARANG (24/2) - Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Lampung menyelenggarakan Program pelatihan Keluarga Sehat, Kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan keluarga sehat meliputi pengkayaan, pengetahuan program yang berfokus pada pendekatan keluarga sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan sekaligus melakukan pendataan seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas  (pembuatan database keluarga sehat dan menghitung indeks keluarga sehat). Peserta diarahkan pada kemampuan melakukan kunjungan rumah, memantau sanitasi lingkungan keluarga, dan mengisi family folder.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr.Hj.Reihana, M.Kes membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Keluarga Sehat  Angkatan III dan IV Tahun 2016,  di dampingi oleh Kepala Bapelkes Lampung  Drg. Ferry Noviandri, MM, Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan  Kesehatan Dra. Hj. Oos Fatimah  Rosyati, M.Kes., Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan. yang dilaksanakan di Auditorium Bapelkes Provinsi Lampung. Peserta pelatihan sebanyak 60 orang terdiri dari beberapa Puskesmas yang ada di lingkungan Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tulang Bawang.

dr. Hj Reihana, M.Kes. menyampaikan Program Keluarga Sehat yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan mengacu kepada 12 Indikator Keluarga Sehat yaitu I. Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, meliputi : (1) Keluarga Mengikuti KB; (2) Ibu bersalin di fasilitas Kesehatan; (3) Bayi Mendapat imunisasi dasar lengkap (4) Bayi diberi AS ekslusif selama 6 bulan; (5) Pertumbuhan balita dipantau tiap bulan; II. Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular meliputi : (6) Penderita TB Paru berobat sesuai standar; (7) Penderita hipertensi berobat sesuai standar; (8) Gangguan Jiwa berat tidak ditelantarkan; III. Perilaku dan kesehatan lingkungan meliputi : (9) Tidak ada anggota keluarga yang merokok; (10) Keluarga memiliki/memakai air bersih; (11) Keluarga memiliki/memakai jamban sehat; (12) Sekeluarga menjadi anggota JKN.

Pelatihan Keluarga sehat merupakan pelatihan yang dirancang untuk menunjang terlaksananya program keluarga sehat di wilayah kerja Puskesmas dengan menjangkau sasaran  utamanya melalui pendekatan keluarga.

 

""    ""    ""

 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan