Pengukuran Kelayakan Kebugaran Jasmani

Pengukuran Kelayakan Kebugaran Jasmani

Jakarta, Minggu, 27 April 2014, Bertempat di Krida Loka Gelora Bung Karno Pintu 1 Senayan Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan pengukuran kebugaran jasmani secara berkala bagi para pejabat struktural dan staf di lingkungan Kementerian Kesehatan R.I. Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja dan merupakan kegiatan Kebugaran Jasmani Terprogram di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2014 dengan menggunakan metode  Tes Jalan Cepat 1,6 km (Metode Rockport). Program kebugaran jasmani ini dirancang sebagai percontohan bagi fitness center yang menerapkan kaidah kesehatan (program latihan dan instruktur terlatih yang diselenggarakan di lingkungan Kementerian/Lembaga lain).

Upaya kesehatan olahraga bertujuan untuk meningkatkan derajat dan kebugaran jasmani masyarakat telah dikembagkan di berbagai daerah melalui kegiatan senam, kelompok olahraga, dll. Instansi dan institusi sudah mulai mengembangkan upaya kesehatan olahraga salah satunya melalui kegiatan senam Jum’at dan menyediakan pusat kebugaran jasmani (fitness center) bagi pegawai).

Kementerian Kesehatan RI, sebagai pusat informasi kesehatan bagi pemerintah daerah dan masyarakat sudah mengembangkan upaya kesehatan olahraga untuk menurunkan angka kesakitan dan meningkatkan produktivitas pejabat maupun karyawan program ini telah diselenggarakan sejak  tahun 2008 melalui Subdit Bina Kesehatan Perkotaan dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI.

Hasil pemetaan pejabat struktural di Kemeterian Kesehatan RI Tahun 2013 menunjukkan tingkat kebugaran jasmani dengan katagori: kurang sekali 1%, kurang 37%, cukup 54%, baik 8% dan hasil pemetaan tahun 2012 menunjukkan tingkat kebugaran jasmani katagori kurang 18%, cukup 72%, baik 9%, baik sekali 1%.

Mari menuju masa muda sehat, hari tua nikmat tanpa PTM dengan perilaku CERDIKCek kondisi anda secara berkala, Enyahkanlah asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres. red/narso/humas.

Bagikan