Penutupan Diklatpim Tingkat II Angakatan I tahun 2017

Penutupan Diklatpim Tingkat II Angakatan I tahun 2017

Jakarta(18/11)- Sebanyak 52 orang peserta telah selesai mengikuti rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Angkatan I Tahun 2017 terhitung sejak 27 Juli-18 November 2017. Berlangsung di BBPK Jakarta, penutupan Diklatpim II ditandai dengan penyerahan Ijasah oleh Kepala Badan PPSDMK, drg. Usman Sumantri, M.Sc dan Penyematan Pin Perubahan oleh Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI, Dr. Muhammad Idris, M.Si.

Hadir Kepala Pusat Pelatihan SDMK, dr. Achmad Subagio, M.Kes, dalam laporannya menyampaikan bahwa Diklatpim Tingkat II saat ini telah menggunakan pendekatan experiential learning dengan memanfaatkan metode dan strategui pemebelajaran yang variatif seperti pembekalan materi, diskusi, pemutaran film pendek, coaching, konseling, visitasi, simulasi, studi kasus dan visitasi kepemimpinan nasional.

Sistem pelatihan kepemimpinan saat ini memfokuskan pada pembentukan karakter birokrat yang professional. Diklatpim Tingkat II membekali peserta dengan “Kepemipinan Perubahan”, yaitu selain mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan memipin bahawan, juga harus mampu membentuk perubahan dan melibatkan seluruh stakeholder instansinya. Melalui Diklatpim dibentuk pemimpin perubahan, untuk menjawab tantangan perubahan yang kompleks dalam rangka mempertahankan organisasi dengan tingkat kinerja yang tinggi.

Kepala Badan, dalam sambutannya menyampaikan agar peserta setelah mengikuti Diklatpim dapat menjalin komunikasi, pertukaran informasi dan membentuk jejaring kerjasama dari berbagai instansi di tingkat pusat dan daerah, yang dapat mendukung tercapainya kinerja organisasi.

Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat II sendiri bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan startegis dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon II yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing masing.

“Penghargaan setinggi tingginya kami sampaikan terutama kepada Lembaga Administrasi Negara yang telah memberikan kepercayaan kepeda Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan Diklatpim Tk.II tahun 2017 serta seluruh pihak yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan Diklatpim II ini”, tandas Ka. Badan diakhir sambutan.

Peserta diklat terdiri dari : Kementerian Kesehatan RI 34 orang, Kepolisian Negara RI 10 orang, Kementerian Koordinator Perekonomian 1 orang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana 1 orang, Dinas Perdag     angan & Perindustrian Kota Jambi 1 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra 1 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara, Sultra 1 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Lampung 1 orang, Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar 1 orang.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail humas_ppsdmk@yahoo.co.id

Bagikan