PERTEMUAN KOORDINASI PEMULANGAN TIM NUSANTARA SEHAT PERIODE III  TAHUN 2016 (BATCH 5) TAHUN 2018

PERTEMUAN KOORDINASI PEMULANGAN TIM NUSANTARA SEHAT PERIODE III TAHUN 2016 (BATCH 5) TAHUN 2018

Jakarta,  November 2018. Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan RI mengadakan Pertemuan Koordinasi Pemulangan Tim Nusantara Sehat Periode III tahun 2016 (Batch 5) tahun 2018. Diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, dilaksanakan selama 4 (empat) hari efektif pada tanggal  21  sampai 24 November 2018, yang diawali dengan pengumpulan laporan pelaksanaan penugasan, paparan materi terkait pascapenugasan, pemberian sertifikat SKP oleh 10 organisasi profesi,  ramah tamah dan dialog interaktif.

Jumlah peserta yang diundang sebanyak 330 orang yang berasal dari unsur : Para Pejabat Unit Terkait di lingkungan Kementerian Kesehatan; Tenaga Kesehatan Pasca Pengabdian Nusantara Sehat Periode III tahun 2016 (Batch 5) sebanyak 262 orang yang terdiri dari: Dokter 7 orang; Dokter gigi 9 orang; Tenaga Teknik Kefarmasian 7 orang; ATLM 20 orang; Apoteker 23 orang; Tenaga Kesehatan Masyarakat 29 orang; Tenaga Kesehatan Lingkungan 33 orang; Tenaga Gizi 42 orang; Perawat 45 orang; Bidan 47 orang; dan Organisasi Profesi . 

Tujuan dari pertemuan ini adalah melakukan koordinasi pemulangan  Tim Nusantara Sehat Periode III tahun 2016 (Batch 5) dan penyebarluasan informasi pascapenugasan. Tingkat retensi batch 5 adalah 100% dimana semua peserta menyelesaikan penugasannya hingga akhir penugasan.

Pertemuan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan R.I. drg. Usman Sumantri, MSc., dalam sambutannya Ka. Badan atas nama Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peserta pasca penugasan Tim NS batch 5,  karena dapat menyelesaikan penugasan setelah 2 tahun mengabdi di daerah sangat terpencil. Dan juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian para peserta karena banyak sekali pujian dan penghargaan dari Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten maupun Dinas Kesehatan Provinsi atas pengabdian para peserta sehingga pelayanan kesehatan tetap bisa dinikmati oleh masyarakat di kawasan yang sangat terpencil tersebut.  Sebagai bentuk apresiasi, bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Kementerian Kesehatan dalam hal ini Badan PPSDM Kesehatan telah menyediakan bea siswa bantuan pendidikan, yang telah diatur dalam Permenkes nomor 13 tahun 2018.

Bagi yang berminat mengikuti penugasan khusus individu,  dipersilahkan untuk mengikuti tes potensi dan disampaikan juga bahwa penugasan khusus individu saat ini sudah diperluas di daerah pedesaan dan perkotaan sebagaimana tercantum dalam Permenkes nomor 33 tahun 2018. Hanya saja untuk penugasan di daerah pedesaan dan perkotaan masih menunggu ijin prinsip pembayaran insentif dari Kementerian Keuangan, sehingga tahun ini belum dapat terlaksana.

Ibu Menteri Kesehatan berkenan pula hadir pada hari sabtu tanggal 24 November 2018 memberikan arahan sekaligus berdialog dengan peserta pascapenugasan Tim NS batch 5 ini. (red/tif/yat/2018)

Berita  ini   disiarkan   oleh   Bagian   Advokasi   Hukum  dan Hubungan  Masyarakat, Sekretariat  Badan PPSDM  Kesehatan Kementerian   Kesehatan     R.I.  Untuk  Informasi  lebih  lanjut  dapat menghubungi   melalui nomor  telepon 021 – 7245517–72797302 Fax :021–7398852 atau Email    humas_BPPSDMK@yahoo.co.id.

Bagikan