Sekretaris Badan Berikan Kuliah Saat Wisuda Poltekkes Yogyakarta

Sekretaris Badan Berikan Kuliah Saat Wisuda Poltekkes Yogyakarta

 

YOGYAKARTA (16/9) – Rabu pagi bertempat di Ballroom Sahid Rich Hotel yang terletak di Jalan Magelang KM 6, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta menggelar prosesi wisuda dan angkat sumpah bagi 460 lulusan ahli madya kesehatan. Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, pimpinan institusi dan organisasi profesi, serta mitra kerja Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini berlangsung khidmat.

 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan terutama di bidang kesehatan. Kemudian Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Abidillah Mursyid, SKM, MS membuka isdang senat terbuka dalam rangka angkat sumpah dan wisuda ini. Dalam laporan pendidikan tahunan institusinya Direktur menyampaikan bahwa sejak dibentuk tahun 2001 Poltekkes Yogyakarta telah meluluskan sebanyak 7.816 mahasiswa D III dan 1.847 mahasiswa program D IV.

 

Untuk tahun akademik 2014/2015 total lulusan adalah sebanyak 460 orang yang terdiri dari 75 ahli madya analis kesehatan, 94 ahli madya gizi, 76 ahli madya kebidanan, 76 ahli madya keperawatan, 78 ahli madya keperawatan gigi, dan ahli madya kesehatan lingkungan. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah 3,40. Adapun nilai tertinggi pada wisuda ini diraih oleh Rina Aprilriani dari Jurusan Keperawatan dengan IPK 3,90.

Setelah penyerahan ijazah, acara dilanjutkan dengan prosesi angkat sumpah yang dibagi dalam dua sesi. Pada angkat sumpah yang pertama dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA memimpin prosesi sumpah yang didampingi oleh rohaniawan. Kemudian  pada sesi kedua dilakukan angkat sumpah berdasarkan masing-masing profesi yang dipimpin oleh pimpinan organisasi profesi.  

Yang berbeda pada prosesi wisuda dan angkat sumpah ahli madya kesehatan kali ini adalah Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan menyempatkan untuk menyampaikan kuliah tamu yang mengusung tema ‘Pendidikan Karakter untuk Mahasiswa”. Kuliah selama 15 menit ini diikuti seluruh undangan yang hadir dalam prosesi wisuda serta disaksikan pula oleh mahasiswa di Poltekkes Yogyakarta melalui media teleconference. Di akhir acara dilakukan launching sistem penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan hasil kerjasama antara Klinik Pratama Poltekkes Yogyakarta dengan BPJS Kesehatan.         

 

              

 

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon : 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail : bppsdmk@yahoo.co.id, humas_bppsdmk@yahoo.com

 

Bagikan