SEMINAR SEHARI TENTANG STOP STIGMA DAN DISKRIMINASI  MELALUI TATANAN PEDULI NAPZA, HIV DAN AIDS

SEMINAR SEHARI TENTANG STOP STIGMA DAN DISKRIMINASI MELALUI TATANAN PEDULI NAPZA, HIV DAN AIDS

BBPK Ciloto sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, telah ditetapkan sebagai Sentra Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Napza, HIV dan AIDS sejak tahun 2010 dan pada tanggal 5 September 2011 telah ditetapkan melalui Kepmenkes No.1873/Menkes/SK/IX/2011. BBPK Ciloto selama ini sudah berperan aktif untuk menangani masalah pencegahan dan penanggulangan NAPZA dan HIV/AIDS tersebut melalui kegiatan pelatihan.

Permasalahan stigma dan diskriminasi nampaknya tidak menjadi monopoli kaum ODHA. Selain pada kalangan ODHA, stigma dan diskriminasi banyak dialami oleh mantan pecandu narkoba. Mereka sering diberi label “’ si pembuat masalah”’ atau penyebar virus HIV’’. Pandangan negatif masyarakat serta adanya diskriminasi terhadap komunitas mantan pengguna narkoba membuat rendahnya penghargaan diri yang mengakibatkan mantan pecandu tidak mampu mengekspresikan dirinya di lingkungan sosial.

Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan Sampai saat ini belum ditemukan vaksin pencegahnya atau obat untuk penyembuhannya. Virus HIV sebagai penyebab penyakit AIDS kini penyebarannya semakin mengkhawatirkan, dimana provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang termasuk tinggi tingkat infeksinya, tertunya termasuk Kabupaten Cianjur yang sudah diindikasikan terdapat penderita HIV-AIDS.

H. Tjetjep Muchtar Soleh menambahkan melalui seminar ini untuk dapat menemukan terobosan-terobosan dalam mengurangi penyebaran penyakit HIV/AIDs dan Napza, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan berakhlakul karimah.

Dilanjutkan dengan Penandatangan Komitmen bersama Pembentukan Tatanan P2NHA “Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS.

Pertemuan ini dihadiri kurang lebih 350 peserta, yang terdiri dari Bupati Cianjur beserta jajarannya, Dinas Kesehatan Kab. Cianjur dan staf, Kepala BBPK Ciloto, Para Kepala Bidang, Kepala Sub bidang dan Staf, Sekretaris KPAN cabang Cianjur, Kepala BNN cabang Cianjur, Sekolah Peduli NHA Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor, Depok,  dan Bekasi. Puskesmas, Pesantren  Para Bapelkesda.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Set. Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, Fax 021 7398852 atau alamat e-mail bppsdmk@yahoo.co.id, humas bppsdmk@yahoo.com.
C D

Bagikan