Tiga Institusi Terima Sertifikat Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan

Tiga Institusi Terima Sertifikat Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan

Bogor (21/3) - Kepala Badan PPSDM Kesehatan, drg. Usman Sumantri menyerahkan sertifikat akreditasi institusi penyelenggara pelatihan bidang kesehatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 kepada ; BBPK Ciloto (Akreditasi A),  Bagian Diklat RSUD Tulung Agung Jawa Timur (Akreditasi B) dan Siloam Training Centre Tangerang (Akreditasi B). Penyerahan tersebut dilakukan di hadapan peserta Workshop Tim Pengendali Mutu (TPM) Akreditasi Institusi Pelatihan Bidang Kesehatan yang berlangsung di The Mirah Hotel Bogor (20/3).

Undang Undang No. 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, pasal 31 (2) mengamanatkan bahwa pelatihan diselenggarakan oleh institusi penyelenggara pelatihan yang terakreditasi sesuai dengan ketentuan Perundang Undangan. Dengan terakreditasinya institusi penyelenggara pelatihan diharapkan kualitas mutu penyelenggaraan pelatihan dapat terjaga, dan sekaligus untuk mengukur profesionalisme institusi penyelenggara pelatihan dalam melaksanakan pelatatihan.

"Semoga dengan akreditasi yang diperoleh dapat meningkatkan dan menjaga mutu dalam menyelenggarakan pelatihan bidang kesehatan" pesan Kabadan.

Acara diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pelatihan SDMK dr. Achmad Soebagdjo Tancarino. Dalam rangka terjaminnya mutu institusi penyelenggara pelatihan bidang kesehatan perlu dilakukan akreditasi bagi institusi penyelenggara pelatihan. Dengan institusi yang terakreditasi, diharapkan pelatihan yang diselenggarakan akan bermutu sehingga menghasilkan SDM Kesehatan yang kompeten.

Pertemuan ini bertujuan agar Tersosialisasinya pedoman audit mutu internal bagi TPM dan Meningkatnya kemampuam TPM dalam menyusun Rencana audit mutu internal. Peserta berasal dari BBPK dan Bapelkes UPT Badan PPSDMK, Institusi Pelatihan UPT Dinas Kesehatan Provinsi, Rumah Sakit Pemerintah dan swasta, Institusi Pelatihan Swasta.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan