Tim Advokasi Kemenkes RI Ke Puskesmas Ciomas

Tim Advokasi Kemenkes RI Ke Puskesmas Ciomas

Komitmen berbangsa dan bernegara Indonesia dalam Pembangunan Kesehatan Nasional untuk mempercepat pembangunan dan tercapainya kesejahteraan masyarakat diantaranya meningkatkan status gizi, meningkatkan kesehatan ibu dan anak, mengendalikan HIV/AIDS, TBC, Malaria dan penyakit menular lainnya, dan meningkatkan kesehatan Lingkungan Para pengambil kebijakan dituntut cermat dan tanggap terhadap situasi terkait kesehatan yang terjadi di masyarakat agar kebijakan yang diambil merupakan keputusan yang tepat. Hal ini terkait dan tergantung data dan informasi dilapangan dengan melakukan advokasi. Advokasi adalah merupakan suatu upaya pendekatan komunikasi  untuk mempengaruhi kebijakan secara menyeluruh dengan data dan informasi yang nyata. Melalui advokasi ini diharapkan program kesehatan telah menjadi prioritas kebijakan karena sehat itu bukan hanya milik satu kementerian saja namun milik semua unsure dalam bernegara dan berbangsa. Tim advokasi Kemenkes RI pada tanggal 2 Maret 2016 melaksanakan kunjungan pertemuan di puskesmas Ciomas  Kab.Bogor guna mengangkat isu “ Meningkatkan Peran Desa Siaga Aktif dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak.” Tim Advokasi ini terbagi dalam 2 sasaran, yaitu sasaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Non SKPD, dimana dalam tim terdapat unsur program Surveylens, Promkes, KIA, Gizi, Kesehatan Lingkungan. Tujuan

Pertemuan Advokasi ini adalah mengembangan komunikasi persuasive guna mencari solusi dan komitmen bersama dalam permasalahan pengembangan Desa Siaga Aktif guna meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak.

Manfaat Pertemuan advokasi kesehatan ini  juga bisa dijadikan stimulus atau merangsang para pengambil kebijakan adalah mendukung prioritas masalah yang ada di wilayah kerjanya, demi Indonesia Sehat.

Demikian, kepada semua unsure dan pihak terkait dalam penyelenggaraan pertemuan advokasi kesehatan di puskesmas Ciomas Kab.Bogor diucapkan banyak terima kasih, semoga kegiatan ini bisa menjadikan contoh untuk wilayah lainnya di Indonesia.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  melalui nomor : 021-7245517-72797302, Fax :   7398852 atau e-mail bppsdmk@yahoo.co.id , humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan