UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN PADA PRODI KEPERATAWAN TANJUNG KARANG DI KOTA BUMI PROPINSI LAMPUNG

UJI KOMPETENSI KEPERAWATAN PADA PRODI KEPERATAWAN TANJUNG KARANG DI KOTA BUMI PROPINSI LAMPUNG

Uji kompetensi Keperawatan pada prodi Keperawatan Tanjung Karang di Kota Bumi Propinsi Lampung di laksanakan pada tanggal 9 November 2012 pkl 08.00 WIB di ikuti oleh  43 orang dari 47 peserta mahasiswa keperawatan prodi lampung.  Uji kompentensi keperawatan ini melibatkan MTKI Pusat dan Daerah, dr. Asjikin Iman H. Dachlan, MHA (Sekretaris Badan PPSDM), Drs. Suherman M. Kes (Ka. Bid Standardisasi & Sertifikasi SDM Kesehatan)  Serta Setyadi Nugroho,SH,MH (Ka. Bag HUKORMAS Set Badan ) .

Menkes RI mengeluarkan Permenkes/1796/menkes/per/VIII/2011 mengenai registrasi tenaga kesehatan pengganti kemenkes nomor 161  2010 dimana setiap tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas keprofesiannya wajib memiliki STR. STR tersebut bagi lulusan tahun 2012 keatas didapatkan melalui uji kompetensi. Sementara tahun 2012 ke bawah dilakukan STR pemutihan tanpa mengikuti uji kompetensi.

Materi uji kompetensi disusun mengacu kepada standar kompetensi yang tercantum dalam standar profesi. Materi Uji Kompetensi dikembangkan dan disusun oleh divisi standarisasi MTKI berkoordinasi dengan Dirjen DIKTI Kementerian Pendidikan Nasional dan LPUK serta Tim Ad-hock di MTKI yang berasal dari masing-masing organisasi profesi.  Uji kompetensi memberikan harapan baru bagi dunia perawat sebagai momentum peningkatan kualitas pendidikan keperawatan di Indonesia sekaligus menjadi tantangan tersendiri terutama ners yang akan lulus pada tahun 2013.

Keberadaan uji kompetensi perawat Indonesia, juga dinilai memiliki manfaat yang sangat massive dalam mengembangkan sistem edukasi keperawatan di negeri ini, misalnya saja dengan adanya standarisasi dalam konten uji kompetensi tersebut yang nantinya dapat memberikan dampak secara tidak langsung pada sistem kurikulum sebuah institusi keperawatan. Dengan menyiapkan kurikulum dan fasilitas yang lebih baik, kualitas dari institusi tersebut dinilai dapat meningkat sehingga menghasilkan lulusan terbaik yang siap bersaing menuju pasar bebas. Pastinya institusi-institusi yang ada akan sama-sama bersaing memperbaiki diri dalam hal mencetak lulusan keperawatan yang terbaik tersebut.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat       e-mail  humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan