Upaya Kemenkes Bersama KIDI Pusat Meningkatkan Kualitas PIDI

Upaya Kemenkes Bersama KIDI Pusat Meningkatkan Kualitas PIDI

Jakarta, April 2019. Pertemuan Koordinasi Pra Pemberangkatan Peserta PIDI Angkatan II Tahun 2019 dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara Kapusrengun SDMK dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Pimpinan Rumah Sakit diselenggarakan oleh Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan di Mercure Hotel Jakarta selama 3 hari sejak tanggal 4 s.d 6 April 2019, mengundang, Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) dan jajarannya,Ketua KIDI Pusat dan Anggota, Para Pimpinan wahana, Ketua KIDI Provinsi se-Indonesia, Sekretaris KIDI Pusat; Ketua Sekretariat PIDI Provinsi se-Indonesia, serta melibatkan 57 (lima puluh tujuh) Dinkes Kab/Kota dan 75 (tujuh puluh lima) Rumah Sakit, yang berasal dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta.

Pertemuan dibuka secara resmi Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan dr. Maxi R. Rondonuwu, DHSM, MARS. Mewakili Kepala Badan PPSDM Kesehatan drg. Usman Sumantri, M. Sc. yang berhalangan hadir.

Kepala Badan PPSDM Kesehatan mengatakan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapusrengun bahwa berdasarkan survey yang dilakukan pada peserta pasca internsip, diperoleh beberapa permasalahan sporadis terkait: permasalahan pendampingan yang belum sesuai ketentuan, kurangnya perhatian wahana dan daerah terhadap dokter internsip, jaminan keamanan, kenyamanan dan perlindungan hukum yang masih kurang menjadi isu yang sering muncul dilapangan. Pertemuan dilaksanakan dalam upaya Kementerian Kesehatan bersama KIDI Pusat untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan internsip. mulai dari perbaikan pencatatan dan pelaporan kinerja peserta, peningkatan kualitas administrasi dan manajemen PIDI, pemenuhan jumlah wahana, peningkatan kualitas wahana peningkatkan kualitas pendamping dan peningkatan peran KIDI dan Sekretariat PIDI Provinsi.

Adapun Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kapusrengun SDMK dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Pimpinan Rumah Sakit diperlukan sebagai legal aspek bagi Dinas Kesehatan Kab/Kota dan wahana terkait penyelenggraan PIDI dan juga sebagai bukti autentik komitmen dari Dinas Kesehatan Kab/Kota dan pimpinan wahana untuk mendukung dan menyelenggarakan PIDI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Target peserta internsip yang akan diberangkatkan pada tahun 2019 adalah sebanyak 11.250 orang, dengan periode penempatan sebanyak 4 kali dalam setahun yaitu Februari, Mei, September dan November. pada tahun 2018 telah ditempatkan peserta PIDI sebanyak 11.127 peserta. Sampai saat ini sudah diberangkatkan sebanyak 3.246 peserta internsip, yang ditugaskan di 387 wahana dengan jumlah pendamping 558 sedangkan pada periode dua tahun 2019, jumlah calon peserta internsip yang siap memilih wahana sebanyak 2237. Untuk itu, diperlukan kesiapan dan dukungan dari Dinkes Provinsi, KIDI Provinsi, Dinkes Kab/Kota dan pimpinan wahana dalam menerima peserta PIDI yang akan ditempatkan di wilayahnya, sehingga pelaksanaan PIDI periode dua tahun 2019 dapat berjalan lancar.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan