Workshop Pengembangan LJJ

Workshop Pengembangan LJJ

Bandung (14/1/19),  Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, penerapan teknologi ke dalam pelatihan perlu mulai direalisasi secara nyata, khususnya dalam pengembangan pelatihan fungsional kesehatan. Jabatan Fungsional merupakan salah satu jenis jabatan PNS selain Jabatan Adminitrasi dan Jabatan Pimpinan Tinggi. Kini, terdapat 30 rumpun Jabatan Fungsional Kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana keseluruhan rumpun ini perlu ditingkatkan terus kompetensinya. Biaya yang terlalu besar, terbatasnya jumlah lembaga diklat serta kendala jarak dan waktu pegawai dalam mengikuti pelatihan klasikal menjadi permasalahan dalam pengembangan kompetensi pegawai. Oleh sebab itu, seiring dengan perkembangan teknologi perlu dikembangkan pelatihan jarak jauh dalam mengakomodasi pengembangan kompetensi pejabat fungsional melalui pelatihan.

Pusat Pelatihan SDM Kesehatan menyelenggarakan Workshop Pengembangan LJJ (Pelatihan Jarak Jauh) Pelatihan Fungsional Kesehatan. Dilaksanakan di Holiday Inn Hotel Bandung. Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka memperoleh informasi terkait pengembangan pelatihan jarak jauh, termasuk pembuatan kurikulum, modul serta pengembangan media pelatihan jarak jauh.

Workshop dibuka secara resmi oleh Ka. Bid. Pengembangan Pelatihan Nusli Ismansyah, SKM, M.Kes. mewakili Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS.

Workshop dihadiri oleh peserta undangan berasal dari Sekretariat Ditjen Pelayanan Kesehatan, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan, Pusat Pendidikan SDM Kesehatan, Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dan BBPK/Bapelkes UPT Kementerian Kesehatan.

Narasumber didatangkan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dan Brainmatics untuk memberikan informasi dan praktik terkait pengembangan pelatihan jarak jauh, sehingga diharapkan peserta dapat mengembangkan pelatihan jarak jauh, mulai dari penyusunan kurikulum dan modul pelatihan jarak jauh serta pengembangan media sederhana untuk pelatihan jarak jauh.

Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-7245517-72797302, faks: 021-7398852 atau alamat e-mail humas_bppsdmk@yahoo.com

Bagikan