Workshop Audit Mutu Internal bagi Tim Pengendali Mutu (TPM) Akreditasi Institusi Pelatihan Bidang Kesehatan

Workshop Audit Mutu Internal bagi Tim Pengendali Mutu (TPM) Akreditasi Institusi Pelatihan Bidang Kesehatan

Pada prinsipnya, semua institusi pelatihan baik pemerintah maupun swasta yang menyelenggarakan pelatihan dibidang kesehatan harus di akreditasi, karena dengan  Akreditasi Pelatihan   akan diperoleh  Pengakuan terhadap  Program Pelatihan telah memenuhi standar yang ditetapkan berdasarkan kompetensi yang akan dicapai, sehingga memberikan jaminan kepada peserta latih akan  penyelenggaraan pelatihan yang bermutu. Atau secara garis besarnya melalui  akreditasi pelatihan akan diperoleh gambaran mutu penyelenggaraan pelatihan dan kompetensi  lulusan dari setiap program pelatihan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.

Demikian halnya dalam upaya pengembangan institusi pelatihan, salah satu kegiatan untuk mendorong penerapan sistem mutu dalam pengelolaan institusi pelatihan adalah pelaksanaan akreditasi institusi pelatihan. Akreditasi institusi pelatihan tidak hanya berhenti pada penilaian, serta dicapainya status terakreditasi, akan tetapi ditindaklanjuti dengan penerapan standar yang telah disusun secara terus menerus. Agar terjadi proses perbaikan yang berkesinambungan, dalam penerapannya diperlukan pengendalian mutu antara lain melalui kegiatan audit mutu internal.

Namun demikian pelaksanaan audit mutu internal tidak selalu harus menunggu sampai institusi pelatihan terakreditasi dahulu, karena kegiatan ini dapat juga dilaksanakan pada setiap institusi pelatihan yang responsive terhadap upaya peningkatan mutu produknya, artinya memperhatikan kepuasan pelanggan. Untuk mendukung audit mutu internal perlu dipersiapkan SDM yang kompeten dalam melaksanakan kegiatannya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Pusat Pelatihan SDM Kesehatan pada tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2018 di Bekasi Jawa Barat melaksanakan workshop audit mutu internal bagi Tim Pengendali Mutu (TPM) Akreditasi Institusi Pelatihan Bidang Kesehatan.

Peserta workshop sebanyak 150 orang berasal dari berbagai macam institusi dan narasumber didatangkan dari ; Badan PPSDM Kesehatan Jakarta, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta, Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Jakarta, TPM Bapelkes Cikarang  dan RS dr. Kariadi Semarang.

Dengan dilaksanakanannya workshop ini kedepan  akan tersosialisasikannya ; Pedoman audit mutu internal bagi TPM, Pedoman akreditasi institusi/ unit penyelenggara pelatihan bidang kesehatan dan TPM di institusi mampu menyusun Rencana audit mutu internal.

Berita ini disiarkan oleh Sub Bagian Advokasi Hukum dan Humas Sekretariat Badan PPSDM Kesehaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telephone (021) 724 5517 – 72797302 , fax 739 8852

Bagikan